Pages

Pencucian kerang untuk dijadikan kerajinan
Pembelajaran murid-murid Desa Kebundadap Barat
Pembuatan amplang bersama warga desa sekitar
Pembuatan teh kelor oleh mahasiswa KKN 55 UTM
Kemeriahan kemerdekaan RI ke-72 Desa Kebundadap Barat

Karang Taruna Sebagai Penggerak Perubahan Desa


Karang taruna sebagai bentuk pergerakan dari anak bangsa yang diharapkan oleh masyarakat desa untuk meningkatkan desa dari segi sosial, ekonomi, dan budaya. Terbentuknya karang taruna di Desa Kebundadap Barat (26/07) digagas oleh sejumlah pemuda di Desa Kebundadap Barat bersama mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang sedang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Pembentukan karang taruna ini didasari karena banyaknya pemuda Desa Kebundadap Barat yang kurang memiliki minat terhadap pembangunan desa, selain itu juga merupakan salah satu program kerja dari peserta KKN Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Karang taruna Desa Kebundadap Barat resmi dibentuk tanggal 26 Juli 2017 yang diketuai oleh Hendrik yang juga merupakan salah satu penggagas adanya karang taruna. Hendrik mengaku bahwa dengan adanya pembentukan karang taruna ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi pemuda dalam meyalurkan bakat dan minatnya serta memajukan Desa Kebundadap Barat. Meskipun baru terbentuk, banyak pemuda yang antusias dengan adanya gagasan baru ini mengingat pentingnya karang taruna bagi sebuah desa. Karang taruna diikuti oleh sekitar 80 pemuda setempat diharapkan dapat menjadi penggerak perubahan desa untuk lebih maju lagi.

Karang taruna memiliki berbagai divisi yang diharapkan mampu menjadi wadah bagi pemuda yang memang memiliki bakat dan minat dalam divisi masing-masing. Divisi yang tersedia yaitu antara lain divisi pendidikan dan pelatihan, usaha kesejahteraan sosial, kelompok usaha bersama, kerohanian dan pembinaan, olahraga dan seni budaya, lingkungan hidup dan kepariwisataan, hubungan masyarakat dan kerjasama kemitraan, keamanan dan pendamping kegiatan. Semua divisi tersebut diharapkan dapat saling bersinergi untuk kemajuan Desa Kebundadap Barat ke depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar