Pages

Pencucian kerang untuk dijadikan kerajinan
Pembelajaran murid-murid Desa Kebundadap Barat
Pembuatan amplang bersama warga desa sekitar
Pembuatan teh kelor oleh mahasiswa KKN 55 UTM
Kemeriahan kemerdekaan RI ke-72 Desa Kebundadap Barat

Yuk, Mari Mengenal Sejarah Desa Kebundadap Barat




Setiap desa di daerah tentu memiliki sejarah bagaimana desa tersebut dibentuk. Faktor yang menyebabkan sebuah desa terbentuk diantaranya, faktor alam, kondisi geografis, dan lain-lain termasuk juga legenda yang masuk ke dalam kategori sejarah. Seperti halnya Desa Kebundadap Barat juga memiliki sejarah bagaimana desa tersebut terbentuk dan dinamakan Desa Kebundadap Barat. 

Pada masa kerajaan Sumenep, wilayah yang dinaungi pemerintah dibagi menjadi beberapa bagian yaitu kerajaan, kadipaten, dan temenggungan. Sama halnya seperti kota atau kabupaten, kecamatan, dan desa atau dusun. Kebundadap Barat merupakan sebuah temenggungan pada saat era keraton Sumenep, namun seiring perkembangan zaman maka saat ini daerah Kebundadap Barat lebih sering dikenal dengan sebutan Desa Kebundadap Barat.

Nama Kebundadap yang dalam bahasa Madura memiliki ejaan kebun dâdâ’ diambil dari keadaan desa yang pada awalnya melimpah tumbuhan dadap atau lebih sering disebut jarak. Kebun memiliki arti lahan yang luas, sedangkan dadap artinya pohon dadap. Karena banyaknya kebun yang ditumbuhi tumbuhan dadap inilah tercetus nama Kebundadap. Wilayah Kebundadap termasuk sangat luas, sehingga pemerataan wilayah Desa Kebundadap dibagi menjadi dua bagian, antara lain Kebundadap Barat dan Kebundadap Timur. Kebundadap Barat dan Kebundadap Timur terletak bersebelahan satu jalur di jalan raya Tanjung.

Desa Kebundadap baik barat maupun timur memiliki pembagian wilayahnya masing-masing. Desa Kebundadap Barat bersebelahan langsung dengan desa Saroka di sebelah Barat, Desa Kebundadap Timur di sebelah timur, Desa Langsar di sebelah selatan, dan Desa Pinggir Papas di sebelah utara. Kebundadap Barat memiliki dua wilayah, yaitu wilayah dataran tinggi dan wilayah dataran rendah. Terdapat dua dusun yang ada di Desa Kebundadap Barat, antara lain Dusun Kolla yang terdapat di dataran rendah dan Dusun Gading yang terdapat di dataran tinggi. Perbedaan geografis keduanya menyebabkan adanya perbedaan potensi yang dimiliki masing-masing wilayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar